Beranda | Artikel
Doa-Doa Yang Diajarkan Oleh Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam
Minggu, 10 Desember 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Mahfudz Umri

Do’a-Do’a Yang Diajarkan Oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam – Kajian Kitab Ad-Daa’ Wa Ad-Dawaa’ adalah ceramah agama Islam oleh: Ustadz Mahfudz Umri, Lc yang merupakan bagian dari pembahasan Kitab Ad-Daa’ Wa Ad-Dawaa’ karya Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah.

Status program kajian kitab Ad-Daa` wa Ad-Dawaa`: Aktif إن شاء الله live setiap ahad sore Pukul 06:18 - 07:00 WIB dari Masjid Riyadhush Shalihin, Perumahan Mutiara Insani, Kelurahan Pedurenan, Mustika Jaya, Kota Bekasi.

Ringkasan Kajian Kitab Ad-Daa’ Wa Ad-Dawaa’: Do’a-Do’a Yang Diajarkan Oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

Do’a adalah salah satu sarana yang sangat mulia untuk berhubungan dengan Allah subhanahu wa ta’ala.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ ﴿٦٠﴾

“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (Q.S Ghafir [40]: 60)

Terkadang, banyak dari kalangan kaum muslimin yang menyusun do’a-do’a sendiri. Hal ini tentu diperbolehkan. Namun yang menjadi perhatian adalah jangan sampai menentukan jika berdo’a dengan do’a yang demikian maka keutamaannya demikian dan demikian. Karena untuk menentukan keutamaan perlu acuan syariat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mendengar seseorang berdo’a demikian:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِأَنِّى أَشْهَدُ أَنَّكَ أَنْتَ اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ الأَحَدُ الصَّمَدُ الَّذِى لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu karena aku bersaksi bahwa Engkau adalah Allah, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau, Yang Maha Esa, yang menjadi tempat bersandar semua makhluk-Nya, tidak beranak dan tidak dilahirkan. Dan tidak ada seorangpun yang sepadan dengan-Nya.

Kemudian setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa saalam mendengar do’a yang demikian, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa saalam bersabda:

Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh orang ini telah meminta kepada Allah dengan ismullah al-a’dzam (nama Allah yang paling agung), dimana, ketika seseorang berdoa dengan menyebut nama itu, maka doanya akan diijabahi. Dan apabila dia meminta kepada Allah dengan menyebut nama itu, maka dia akan diberi.” 

Download MP3 Kajian Kitab Ad-Daa’ Wa Ad-Dawaa’: Do’a-Do’a Yang Diajarkan Oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga Allah mencatatnya sebagai amal kebaikan.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/29409-doa-doa-yang-diajarkan-oleh-nabi-shallallahu-alaihi-wa-sallam-kajian-kitab-ad-daa-wa-ad-dawaa-ustadz-mahfudz-umri-lc/